24. PEGAWAI NEGERI SIPIL FIKTIF

PEGAWAI NEGERI SIPIL FIKTIF

Pertumbuhan penduduk yang seperti deret ukur jelas merupakan masalah serius bagi perkembangan negara, terlebih bagi mereka yang termasuk kategori tenaga terdidik dan tenaga terampil. Kelompok ini menyimpan potensi. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika tidak tersalurkan pada tempat yang semestinya.

Saya pernah berpikir bahwa satu di antara penyebab sulitnya mencari pekerjaan adalah adanya pegawai terselubung pada berbagai institusi pemerintah. Untuk mudahnya, sebut saja mereka adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Fiktif. Keberadaan mereka hanya sebatas papan nama, ketika tanggal muda.

Dalam keseharian, PNS Fiktif tidak berkiprah, tidak terjun ke lapangan untuk menyelesaikan tugas dan kewajibannya, dan nyaris tidak meneteskan peluh. Mereka justru aktif di luar –sebut saja– sebagai konsultan ini, konsultan itu, dan lain sebagainya. Di luar sana, PNS Fiktif mendapatkan pemasukan (yang masuk ke kantung pribadi) yang jauh lebih menggiurkan jika dibandingkan dengan menjadi PNS. Sementara tugas dan kewajiban si PNS Fiktif didelegasikan kepada para tenaga honorer serta menjadi tanggungan pemerintah dengan besaran ala kadarnya.

Kondisi semacam itu jelas tidak bagus, tidak benar, dan tidak adil. PNS Fiktif hanya menjadi benalu bagi lembaga /institusinya. Mereka hanya mau uangnya, tidak mau kejanya. Malangnya, pemerintah tidak sadar jika telah dikadali.

PNS Fiktif tidak akan mendapatkan tempat jika tuan Lahan Sipil telah kembali. Selebihnya, baca Meretas Jalan Menuju Indonesia Raya (bagian 1 dan 2) dan detail selengkapnya, silakan baca Noto Lahan Kehidupan dan Noto Bela Negara pada Revolusi Bilangan Start Sebuah keadilan.

Siapa yang mau bekerja di dalam –birokrasi– bekerjalah di dalam dengan baik. Siapa yang mau bekerja di luar –birokrasi– bekerjalah di luar juga dengan baik. Berhentilah menjadi orang tamak, PNS fiktif. Kue Kemerdekaan jangan dimakan sendiri, bagi-bagilah … Orang lain juga butuh sumber penghidupan.

Saya tahu, PNS Fiktif akan menghalangi kepulangan Tuan Lahan Sipil dengan segala cara. Sebab, kepulangan Tuan Lahan Sipil adalah kiamat bagi mereka.

Wallahualam.

Tentang Sang Nata Sugiarno

Sang Nata Sugiarno bukan siapa-siapa ...
Pos ini dipublikasikan di Noto Lahan Kehidupan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 24. PEGAWAI NEGERI SIPIL FIKTIF

  1. jawaipost berkata:

    Ternyata ada hal macam gitu ya?

Komentar ditutup.