22. Berapa gaji yang patut untuk seorang presiden?

22. Berapa gaji yang patut untuk seorang presiden?
Jawaban:
Misal, gaji presiden = x
Sebelum sampai pada angka yang patut, harus diingat bahwa presiden memegang dua buah kunci. Pertama, kunci kepala negara, kedua kunci kepala perintahan. Oleh sebab itu, pertanyaan pun bergulir. Nilai x itu gaji sebagai kepala negara ataukah sebagai kepala perintahan? Dari situ terlihat bahwa ada yang SALAH dalam sistem penggajian presiden. Beliau kerja dua, namun digaji satu. Padahal, yang dinamakan ADIL adalah kerja satu digaji satu, kerja dua digaji dua. Dengan demikian, masalahnya –curhat presiden– bukan pada besaran nominal gaji, namun pada desripsi (redaksional) gaji -nya yang tidak jelas.

Seharusnya, gaji presiden sebagai kepala negara sekian (misal = a), gaji presiden sebagai kepala perintahan sekian (misal = b), sehingga x = a + b.
Dari situ terlihat, ADA hak gaji presiden yang selama 65 tahun 5 bulan telah ditilep oleh sistem. Presiden yang RI 1 saja menjadi korban sistem yang busuk apalagi … hanya sekelas guru kelas sekolah dasar🙂.
Pertanyaan berikutnya, berapa besaran gaji yang wajar untuk kepala negara? Singkat kata, Rp 64 juta. Berapa pula gaji sebagai kepala perintahan? Singkat kata pula, Rp 32 juta. Untuk mendapatkan angka-angka tersebut, Anda harus berani menyelam ke lautan. Selama Anda hanya mondar-mandir di pantai, maka Anda hanya bisa berteriak, ”Berantas Korupsi, Berantas Kolusi, dan Berantas Nepotisme!”.
Agar tidak berkepanjangan, bengkoknya sistem perlu diluruskan. Itu kalau mau, itu kalau tidak malu –dalam hal ini tidak ada keharusan mengikuti pendapat saya. Meluruskan pun butuh waktu, yaitu 9 tahun (sebut, masa transisi).
Pasca masa transisi, akan muncul presiden lain. Presiden yang dimaksud dalam tulisan ini adalah presiden yang sesungguhnya. Bukan presiden-presidenan –yang dipilih atas maunya orang banyak. Dengan segala hormat, presiden yang sesungguhnya belum pernah muncul. Presiden yang sesungguhnya berdarah pamong praja, bukan berdarah rakyat, bukan berdarah tentara, bukan berdarah guru, bukan berdarah pemuka agama, bukan berdarah teknokrat, dan bukan- bukan berdarah yang lain.
Karena sudah bermartabat, presiden ”sungguhan” TIDAK merangkap sebagai kepala negara. Presiden bertingkat-tingkat, ada PRESIDEN (1 orang), ada Presiden (10 orang), dan ada presiden (100 orang). Sebagai catatan tambahan, ada 9 orang lain yang setara dengan PRESIDEN, ada 90 orang lain yang setara dengan Presiden, serta ada 900 orang lain yang setara dengan presiden. Mereka yang setara mendapatkan gaji yang serata pula. Uangnya dari mana? Luruskan dulu bilangan rupiah

Tentang Sang Nata Sugiarno

Sang Nata Sugiarno bukan siapa-siapa ...
Pos ini dipublikasikan di Tanya Jawab dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 22. Berapa gaji yang patut untuk seorang presiden?

  1. sugiarno berkata:

    Nah, di situlah masalahnya. Orang disuruh kerja rangkap-rangkap, giliran menggaji … bla bla bla … Menata gaji seorang presiden saja TIDAK BISA apalagi meningkatkan tingkat kesejahteraan rakyat yang berjuta jumlahnya. Percuma sekolah tinggi-tinggi, gelar panjang-panjang, pangkat berderet-deret … jika ternyata hanya mampu melompat setinggi pagar🙂

  2. Gie berkata:

    Sederhana saja, Jika Gaji Presiden hanya 1, Maka Pilihlah Kepala Negara dan Kepala PEmrintahan yang berbeda. Singkatnya ikutilah Negara yang berbetuk Monarki. Dimana Masing-masing Kepala mempunyai Tugas dan Fungsi Masing-masing.

Komentar ditutup.