29. Apa yang membuat Indonesia susah menjadi negara maju?

29. Apa yang membuat Indonesia susah menjadi negara maju?
Jawaban:
Jawabannya sederhana, dari RI 1 sampai RI terakhir terlalu lama memandang spion. Mereka terjebak dengan kebesaran /kesengsaraan negara bangsa ini di masa lalu. Mereka lupa bahwa sudah berada di era Indonesia, bukan di era Majapahit, bukan era Sriwijaya, bukan era Mataram, bukan era VOC, bukan era kolonial, dst. dsb.

Dengan kata lain, dari asyiknya Garuda terbang sampai-sampai tidak melihat di depan ada gunung … dan GUNUNG -pun ditabraknya, akhirnya jatuh dan klepek-klepek.
Indonesia dikatakan susah menjadi negara maju pun kurang tepat. Sebab, sebenarnya, justru Indonesia adalah sebuah negara YANG TERLALU MAJU. Dan, terlalu majunya tidak tanggung-tanggung … sekian ratus tahun!!! Maka, menjadi wajar jika yang pintar jadi keblinger.

Solusinya, cara berpikir sebagai bangsa inlander /nferior harus dibuang untuk maju. Dan, yang bisa mengawali itu semua hanyalah Presiden lewat institusi pendidikan. Itu kalau mau … Mau meragakan Tarian Raja Garuda. Pada titik ini, kebijakan politik yang berpihak pada INDONESIA diperlukan.

Tentang Sang Nata Sugiarno

Sang Nata Sugiarno bukan siapa-siapa ...
Pos ini dipublikasikan di Tanya Jawab dan tag , , . Tandai permalink.